Gerbangdesigot di Desa Sukawana


Dalam usaha mendekatkan Pemerintah Kabupaten Bangli dengan masyarakat, untuk mewujudkan pemerintahan yang pro rakyat, Bupati Bangli I Made Gianyar, SH, M.Hum bersama pimpinan SKPD Kab. Bangli melaksanakan Gerakan Sistem Gotong Royong (Gerbangdesigot) di Desa Sukawana, kintamani Bangli.
            Gerbangdesigot merupakan program canangan Bupati Bangli yang rutin dilaksanakan setiap bulan, dimana Bupati bersama jajaran turun ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bangli untuk menyerap asprasi rakyat secara langsung. Gerbagdesigot ini akan terus dilaksanakan di desa-desa lainya di Bangli. Karena Bupati Bangli menargetkan dalam lima tahun kepemimpinannya 64 desa dan 4 kelurahan yang ada di Bangli tuntas dikunjungi.
            Kabag Humas Setda Bangli Made Mahindra Putra, SSTP.,MM. mengatakan, acara Gerbangdesigot di Desa Sukawana, dipusatkan di Pura Bukit Ligundicemeng, Br. Kubusalya. Gerbangdesigot kali ini diisi dengan Penyerahan Bantuan Pembangunan Pura Bukit Ligundicemeng dari dana APBD Bangli tahun 2011 oleh Bupati Bangli sebesar Rp 50 juta, yang diterima oleh Bendesa Desa Paraman Kubusalya I Wayan Cana, penyerahan bantuan bedah rumah oleh Dinas Sosial Kabupaten Bangli dan BPMPD Kabupaten Bangli berupa material bangunan dengan nminal Rp 5 juta kepada 15 keluarga pra sejahtera di Desa Sukawana. Bantuan bedah rumah ini diserahan secara simbolis oleh Bupati Bangli kepada I Nyoman Arka, RTM dari Br. Kubusalya. Selain juga dilaksanakan penyerahan bantuan social Responsibility (CSR) PT. Bank BPD Bali Cab. Bangli dan Bank Pasar Bangli berupa bantuan pembangunan Pura Bukit Ligundicemeng masing-masing Rp 10 juta dan Rp 5 juta yang diserahkan langsung oleh Direktur PT. Bank BPD Bali Cab. Bangli A.A.Made Yudiartha dan Direktur Bank Pasar Bangli I Made Astawa kepada Perbekel Desa Sukawana I Wayan Jasa, S.Pd.
Dipilihnya Pura Bukit Ligundicemeng sebagai tempat seremonial Gerbangdesigot karena dihari yang sama dilaksanakan Karya Agung Tawur Labuh Gentuh, Mupuk Pedagingan, Melaspas dan Ngenteg Linggih di pura setempat, sehingga saat pelaksanaan Gerbagdesigot Bupati bersama jajaran dan masyarakat melaksanakan persembayangan bersama di Pura Bukit Ligundicemeng. Selain melaksanakan persembahyangan bersama Bupati Bangli bersama jajaran juga ngaturang ayah nabuh (megambel) dan ngaturang Tari Pendet untuk pimpinan SKPD laki laki dan Tari Rejang untuk istri-istri Pimpinan SKPD.
            Dikatakan juga, Gerbagdesigot merupakan program canangan Bapak Bupati Bangli, dimana beliau berkeinginan selama lima tahun kepemimpinannya bisa mendekatkan pemerintah dengan masyarakat dengan mengajak langsung pimpinan SKPD turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi rakyat. Dengan harapan setelah turun dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, para pemangku kebijakan bisa merancang program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “sehingga harapan untuk mensejahterakan masyarakat Bangli sesuai dengan visi misi Gita Santi dalam waktu lima tahun bisa segera diwujudkan”ungkapnya.
 

Agenda Lainnya

Cari Agenda