Peran Sekretaris Profesional

  • 11 Maret 2009
Peran Sekretaris Profesional

Agar bisa menghadapi ujian ini perlu banyak latihan, seperti mengelola agenda jadwal pimpinan, menangani kas kecil, mengoperasikan teknologi informasi, korespondensi,menangani surat masuk dan surat keluar serta mengelola agenda kegiatan pimpinan.Latihan ini ditujukan bagi mereka yang jurusan Administrasi Perkantoran, termasuk akusendiri, hehehe.Untuk soal mengoperasikan teknologi informasi, kita sudah diberitahu. Kita dimintauntuk mencari informasi tentang Sekretaris Profesional menggunakan mesin pencarigoogle. Makanya untuk lebih mudahnya mengakses artikel tersebut, aku posting aja di blog ini. Jadi pas ujian produktif nanti tinggal buka blog aja.Inilah artikel yang sudah aku siapkan. Aku menemukanya disini.Eksistensi dan fungsi sekretaris tidaklah sekadar “pembantu atau penggembira pimpinan”. Sekretaris bukan lagi obyek, tetapi subyek penting dalam sebuah organisasiatau perusahaan. Ibarat sebuah mesin, sekretaris merupakan komponen penting yangkeberadaan dan kinerjanya akan berpengaruh terhadap kinerja mesin itu secarakeseluruhan. Sebagai suatu profesi, sekretaris tidak selayaknya dipandang remeh. Profesiini memilih masa depan cerah. Walaupun perkembangan teknologi semakin berkembangdan alat-alat perkantoran canggih yang dapat menggantikan fungsi sekretari terusdiperkenalkan setiap saat, tetapi “sentuhan” tangan terampil dan buah pikiran cerdasseorang sekretaris tetap diperlukan sampai kapan pun.Tugas seorang sekretaris sangat kompleks dan beragam, sehingga apabila tidak dikuasai,tugas-tugas tersebut akan menghambat pekerjaan pemimpin. Dalam dunia bisnis peransekretaris sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan usahanya.Sekretaris Profesional harus memiliki dan bisa melakukan hal-hal berikut:1. Menampilkan Citra Perusahaan.Citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris adalah tangankanan sang bos, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik.2. Baik dan Bertanggung JawabSekretaris juga harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukanhanya baik kepada Bos tapi juga harus baik kepada relasi dan kawan sekantor.3. Pandai Menjaga RahasiaSebagai tangan kanan Bos dan selalu mendapat kepercayaan dari Bos, Sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi sang Bos.4. Tahu Teknoiogi“-sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus update terhadap kemajuan teknologi misalnya teknologi informasi. 5. Tahu Accounting dan PembukuanAccounting dan pembukuan juga harus dikuasai oleh seorang sekretaris agar bisamelakukan pembukuan kantor.6. Harus Bisa Bahasa Asing menguasai bahasa asing adalah nilai tambah yang harusdimiliki oleh seorang sekretaris. Karena biasanya sekretaris selalu diminta Bos untuk  bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.7. Mempelajari Karakter BosKenalilah karakter atasan agar Anda tidak salah dalam bertindak dan mengambilkeputusan.8. Mempunyai Etika yang Baik. Seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik yaitu dalam hal berbicara, makan, duduk, dsb. Karena itu sangat berkaitan dengan citra perusahaan.9. Pandai Berbicara di Depan Publik Kadang sekretaris diminta untuk menemani atasan untuk melakukan presentasimenggantikan sang atasan. Karena itulah sekretaris harus bisa belajar berbicara dengan publik atau pada saat meeting •Semoga bahasan tentang sekretaris propesional, peran sekretaris profesional, artikelsekretaris

  • 11 Maret 2009

Artikel Lainnya

Cari Artikel