Kegiatan Penyaluran Bantuan Kepada Korban Bencana Tanah Longsor Di Desa Yeh Mampeh

  • 14 Maret 2012
Kegiatan Penyaluran Bantuan Kepada Korban Bencana Tanah Longsor di Desa Yeh  Mampeh

Bencana Tanah Longsor dan Banjir Bandang terjadi pada tanggal antara tanggal 13 s/d 14 Maret 2012, yang mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa lokasi Desa Pinggan, Desa Blandingan, Desa Songan dan Desa Yeh Mampeh yang mengakibatka korban jiwa dan harta benda.

 

Kementerian ESDM pada tanggal 15 Maret 2012 langsung membuat Posko Siaga Bencana di Desa Yeh Mempeh sebagai posko utama, dan posko lainnya berada di Museum Gunungapi Batur, Desa Pinggan, Desa Blandingan dan Desa Songan.

 

Penyaluran bantuan kemanusaiaan kepada korban bencana longsor di kecamatan Kintamani Bangli terbagi menjadi 3 (tiga) lokasi longsor yang mengakibatkan korban jiwa sebanyak 7 Orang, yang sampai saat ini belum diketemukan, lokasi terjadi bencana yaitu di desa :

  1. Desa Yeh Mampeh, terjadi longsor di dinding kaldera dan banjir bandang yang mengakibatkan rusaknya perkebunan masyarakat, rumah penduduk dan beberapa pelinggih Pura Tirta Mas Mampeh rusak karena kena longsoran dari dinding kaldera

  2. Desa Pinggan terjadi longsor dan banjir bandang

  3. Desa Blandingan terjadi longsor dan banjir bandang

Penyaluran Bantuan yang dilakukan di bagi menjadi 4 lokasi, yang dipusatkan pada posko yeh mampeh.

 

      HARI PERTAMA tanggal 16 Maret 2012

      Penyerahan bantuan yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Badan Geologi menyerahkan Bantuan ke pada :

  1. Posko Desa Songan yang terima oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli Bapak Drs. I Wayan Lawe, menyerahkan bantuan berupa ( Air Mineral Nonmin, Sarimi, makanan ringan, beras dan obat-obatan)

  2. Posko Desa Pinggan yang terima oleh Perbekel Desa Pinggan Bapak I Ketut Janji, menyerahkan bantuan berupa ( Air Mineral Nonmin, Sarimi, makanan ringan, beras dan obat-obatan)

  3. Posko Desa Blandingan yang dipusatkan di Desa Yeh Mampeh yang terima oleh masyarakat desa Yeh Mapeh Bapak I Nyoman Minggu, menyerahkan bantuan berupa ( Air Mineral Nonmin, Sarimi, makanan ringan, beras dan obat-obatan)

  4. Posko Desa Yeh Mampeh yang terima oleh kelian dinas desa Yeh Mapeh Bapak I Nengah Sriman, yang di damping oleh Kepala Desa Batur Utara, Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli, I Wayan Gunawan Anggota DPRD Provinsi Bali, Jero Gede Alitan menyerahkan bantuan berupa ( Air Mineral Nonmin, Sarimi, makanan ringan, beras dan obat-obatan)

  5. Untuk di Desa Yeh Mampeh sudah dilakukan diskusi dengan tokoh adat ( Jero Gede Alitan, Kepala Desa Batur Utara, Kelian Adat dan masyarakat) untuk keperluan dan kebutuhan yang diperlukan oleh warga desa Yeh Mampeh akibat terjadinya Longsor dan Banjir Bandang berupa ( Pipa untuk perbaikan saluran air bersih sepanjang 4 Km, Peralatan alat berat, Tenda, Pakaian, Makanan, Tangki air, Genset, dan perbaikan Pura Tirta Mas Mampeh, Konvensasi lahan pertanian sebanyak 250 KK)

 

HARI KEDUA Tanggal 17 Maret 2012

Penyerahan bantuan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Sumber daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan (PAG) bapak Dodid Murdohardono menyerahkan bantuan ke pada :

  1. Posko Yeh Mampeh yang diterima oleh kelian banjar desa Yeh Mampeh I Nyoman Minggu yang di damping oleh Bapak Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli ( Drs. I wayan Lawe) menyerahkan bantuan berupa (Sarimie, Beras, Minyak Goreng, Teh, Sabun Mandi, Gula, Air Mineral, Kain, Handuk)

  2. Pemasangan Tenda untuk korban banjir Banding sebanyak 10 Buah

  3. Peralatan Alat berat sudah sampai dilokasi untuk pengerukan dilokasi bencana

  4. Peninjauan lokasi ke Pura Tirta Mas Mampeh untuk persiapan sarana air bersih.

 

HARI KETIGA Tanggal 18 Maret 2012

Penyerahan bantuan yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM menyerahkan bantuan berupa baju kaos, tempat penampungan air bersih dan peninjauan lokasi longsor dengan alat berat, peninjauan penyiapan saluran air bersih.

  • 14 Maret 2012

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita